Rabu

OM JOHN MAYNARD SINGGAH DI TRENGGALEK


OM JOHN MAYNARD SINGGAH DI TRENGGALEK




BCCTRENGGALEK.NEWS. Pria paruh baya berjenggot ini menarik perhatian banyak pihak di tengah kerumunan pemudik yang lalu lalang di jalan utama Kabupaten Trenggalek yang akan mudik. Ialah John Maynard (60) yang bersepeda namun bukan mudik tujuannya.

"Saya nggak 
mudik, jalan-jalan. Rencana ke Gunung Bromo trus saya lanjutkan ke Banyuwangi, berangkat dari Jakarta sekira 2 (dua) minggu yang lalu melewati pesisir Selatan Jawa ke Gunung Bromo, terus ke Banyuwangi," ujarnya saat singgah di Aloon aloon Kabupaten Trenggalek (12/06/19).
Selain itu ia juga ingin bernostalgia di Kabupaten Trenggalek, yang mana saat masih kecil pernah diajak Pamannya yang kala itu pernah Menjabat Kapolsek di salah satu Kecamatan di Kabupaten Trenggalek, “Ternyata sudah banyak sekali perubahannya yang mana dulu kota ini sepi sekarang sudah ramai” terangnya.  

Hampir tak percaya, di usia senjanya ia masih melakukan hal yang tak diduga dengan berkeliling Indonesia dengan sepedanya itu. Ia mengaku sudah mengarungi Indonesia sejauh lebih dari 15 ribu kilometer, mulai bagian barat hingga beberapa bagian Indonesia bagian timur.


Om John panggilan akrabnya mengaku memiliki tujuan untuk berkeliling Indonesia menyambungkan kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia dengan hanya bermodalkan sepeda.

"Indonesia kan ada 150 lebih kabupaten, nah itu targetnya. Sekarang baru 114," tuturnya.

"Saya berharap bisa bikin rute perjalanan, saya berharap bisa jadi panduan wisatawan sepeda. Nama judul perjalanan yang saya bikin 'sambung menyambung Nusantara', dari kabupaten ke kabupaten ini," lanjut om John.

Ketika ditanya, mengapa memilih sepeda? Om John menjawab bahwa sepeda itu menyehatkan. Mantan atlet sepeda di tahun 70-an ini mengatakan bahwa bersepeda bisa dijadikan suatu terapi yang menyehatkan.

"Sepeda itu ada terapi di dalamnya. Selangkangan kita ada titik sarafnya, yang nggak pernah dipijat kan di situ. Waktu kita duduk awalnya sakit kan lama-lama hilang. Banyak orang cuma duduk di mobil, naik motor, nggak kena pijatan, kalau sepeda gitu, itu sehat dan itu terapi. Banyak orang yang sakit bisa sembuh," jelasnya.

Merasa jatuh cinta pada sepeda, Om John dibuat sehat di usia hampir kepala enam olehnya. "Sepeda itu bagus, sepeda itu sehat, sepeda itu bersih," tandasnya.
(Sie Dok BCC Trenggalek)